Rabu, 07 Januari 2015

Tentang "Out of Box"

CBA berhasil merilis single terbaru berjudul "Out of Box" pada akhir Desember lalu. Single tersebut merupakan representasi dari keinginan mereka memainkan sesuatu diluar dari yang biasa dimainkan sebelumnya. Seperti yang diketahui pula, CBA yang awalnya bernama Comeback Attack adalah band hardcore dengan gaya permainan yang oldschool. Berkiblat pada band-band semacam Better Than a Thousand, Bold, Youth of Today, Champion, 7Seconds. Namun dengan dikeluarkannya mini album Leave the Cage pada 2013 silam, mereka resmi mengganti nama menjadi CBA sekaligus style bermain. Album Leave The Cage pun disebut-sebut sebagai "jembatan" oleh para personil untuk menjangkau hal-hal baru. Single "Out of Box" inilah yang kemudian menjadi gambaran tentang musikalitas CBA setelah melewati "jembatan" tersebut.

Zamalik adalah orang yang bertanggung jawab dalam hampir semua urusan musik di CBA, khususnya pada single "Out of Box". Ia mengatakan ketika itu yang ada dipikirannya hanyalah Rock n' Roll, Blues, Punk ala Dead Kennedys. "Nah dari situ gua mulai dengan suara gitar yang sedikit jail dengan sentuhan pedal wah yang merengek rengek. Mulai dari part 0:26 sampai 0:58 dimana disitu gua masukin part rock n roll, blues, dan punk jadi satu," ungkapnya.

Gitaris bertubuh tambun, Iyoung, pun menambahkan. Menurutnya semua berawal dari kejenuhan masing-masing dengan irama yang itu-itu saja dan alhasil terciptalah sesuatu yang baru. "Berbeda dan membuat sesuatu yg baru itu menyenangkan," tuturnya.

Sedangkan Alfian yang menulis lirik mengatakan bahwa selepas album Leave The Cage dan intensnya obrolan dengan para personil lainnya soal arah musik, lirik "Out of Box" pun tercipta. Meskipun terdengar sedikit narsis namun intinya cuma ingin memberitahu bahwa para personil CBA berangkat dari kesukaan musik yang beragam. "Gua cuma mau menggambarkan apa yang terjadi di band ini dalam beberapa tahun terakhir dan gua rangkum menjadi satu. Bukan berarti juga musik hardcore itu ngbosenin tapi kitanya yang sudah keburu pengen eksplorasi ke hal-hal gila lainnya," ungkapnya.

Ia menambahkan, "Ketika itu gua pun lagi gila-gilanya dengan 7Seconds album New Wind dan seperti merasakan hal yang sama. Siap atau tidak siap tapi inilah realitasnya, musik kita berbeda dari sebelumnya tapi passion dan soulnya masih tetap sama."

Oka, drummer sekaligus orang yang masuk pada era Leave The Cage, punya pernyataan sendiri. Baginya "Out of Box" menggambarkan masing-masiing personil lama di CBA seperti Zamalik, Alfian, dan Iyoung. Kehadirannya dan Alvin sang bassis menambahkan warna musik yang baru. "Intinya setiap personil memiliki minat bermusik yang berbeda dan dari perbedaan ini dikemas dalam sebuah lagu." jelas Oka.

Alvin sendiri punya penilaian yang cukup jenaka dan straight to the point, "Buat gua dari segi musik yang pastinya lebih fresh dan lebih variatif dari musik sebelumnya yang di EP Leave The Cage. Kalau dari segi lirik simple aja si yaa, seperti sebuah perkenalan diri dari masing-masing personil TNI, dari kami untuk anda para fans. wkwkwkw."

CBA memang bukanlah band besar. Untuk urusan seperti ini pun sebenarnya tidak perlu diklarifikasi dan orang pun tidak ada yang peduli. Namun bagi mereka ini bukan persoalan besar atau kecilnya sebuah band. Mereka ingin mencatat sejarah untuk dirinya sendiri dan salah satunya dengan bentuk pendokumentasian melalui musik+lirik. "Tidak ada yang lebih penting dari mencatat sejarah diri mu sendiri karna kita tidak akan pernah tau bagaimana jadinya esok." (Sperma Setan)


"This music from my heart, is it so different from before. 

It may seem so but it's just music from my heart"
- Just One Day by 7Seconds

Tidak ada komentar:

Posting Komentar